SEJARAH BERDIRINYA

SEKOLAH TINGGI TEOLOGI ANUGERAH MISI

STTAM – NIAS BARAT

           

Berdirinya Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat yang disingkat STTAM Nias Barat adalah sebuah proses pergumulan doa dan pengorbanan dari keluarga Bapak Jeverson Duha, SE.

Pada tahun 2013 tepatnya bulan Oktober Bapak Jeverson Duha, SE bersama isterinya Ibu Yafeni Zai, S.Th dan putri sulungnya Austin Angelika Duha datang dari Medan ke  Nias Barat dengan visi dan misi yaitu melaksanakan tugas Amanat Agung berdasarkan Matius 28:18-20, serta kerinduan besar untuk menyatukan gereja-gereja yang merupakan tubuh Kristus.

Ketika keluarga Bapak Jeverson Duha, SE memulai pelayanan di Nias Barat mereka memiliki komitmen untuk melayani dengan tidak menjadi beban bagi orang lain maupun gereja-gereja lokal.

Dengan komitmen tersebut keluarganya mengembangkan keterampilan yang telah Tuhan percayakan kepada mereka yakni membuat “Kue Donat” dan membuka rumah makan “Ayam Penyet Austin”.

Dari hasil usaha keterampilan tersebut mampu mencukupkan kebutuhan keluarganya dan  pelayanan misi di gereja maupun sekolah-sekolah sehingga berjalan sesuai dengan kehendak Tuhan bahkan mereka bisa menjadi saluran berkat untuk menolong hamba-hamba Tuhan yang masih dalam perintisan gereja.

Sejak tahun 2013 hingga tahun 2015 pelayanannya dapat menjalin hubungan diberbagai interdenominasi gereja lokal. Visi dan Misi yang diterima oleh keluarga Bapak Jeverson Duha, SE mulai membagikannya kepada para hamba Tuhan.

Puji Tuhan, para hamba Tuhan sangat respon sehingga memutuskan untuk mendirikan sebuah yayasan yang bernama “Yayasan Real  Love Indonesia” disingkat YRLI atau (Yayasan Kasih Nyata Indonesia).

Yayasan ini didirikan demi kelangsungan pelayanan Injil di Nias Barat dan bertujuan melaksanakan Amanat Agung, menjadi perekat Tubuh Kristus dan pelayanan sosial serta pengembangan pendidikan.

Pada Tanggal 31 Maret 2015 Yayasan Real Love Indonesia (YRLI) terbit Akta Notaris yang dibuat oleh Aida Selli Siburian, SH., SpN dengan Nomor Akta 165 tertanggal 31 Maret 2015 dan telah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor AHU-0005179.AH.01.04. Tahun 2015.

Pada Tanggal 06 Februari 2016 Yayasan Real Love Indonesia (YRLI) mengadakan rapat tentang perencanaan mendirikan Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat. Seluruh Tim Yayasan bergumul untuk membeli tanah dan membangun gedung.

Puji Tuhan pada bulan Maret 2016 tanah sudah dibeli dan pembangunan dimulai pada bulan April 2016. Akhirnya pada bulan Agustus 2016 Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Misi Nias Barat memulai proses perkuliahan hingga sampai sekarang bertumbuh dan berkembang.

Tepatnya pada tanggal 07 Maret 2017 STTAM Nias Barat dibuka secara resmi oleh Bupati Nias Barat, Bapak Faduhusi Daely, S.Pd., MA. Hanya dalam beberapa minggu setelah STTAM Nias Barat diresmikan, dikunjungi oleh Bapak Dr. Hasudungan Simatupang, M.Pd (Kakanwil Kemenag Provinsi Sumut) dan Tim Bapak Drs. Marulitua Hasugian, M.Pd.K, didampingi  oleh utusan Kakanwil Kemenag Kabupaten Nias Barat pada 24 Maret 2017.

Oleh karena kemurahan Tuhan, pada tanggal 30 Maret dari Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara mengeluarkan rekomendasi STTAM Nias Barat. Surat rekomendasi tersebut menjadi dasar STTAM Nias Barat untuk pengajuan Ijin Institusi dan Ijin Penyelenggaraan Pendidikan S1 Teologi Kependetaan dan S1 PAK kepada Ditjen Bimas Kristen RI di Jakarta.

Tuhan adalah pendiri STTAM Nias Barat, sehingga pada tanggal 30 Juni 2018, Tuhan izinkan Bapak Ditjen Bimas Kristen Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si beserta Ibu, didampingi oleh Direktur Perguruan Tinggi Kristen,  Bapak Dr. Pontus Sitorus, M.Si dan Kasubdit Perguruan Tinggi Kristen, Bapak Dr. Suwarsono, S.PAK., M.Si, melakukan visitasi di STTAM Nias Barat yang beralamat di Jl. RA. Kartini No.-, Simae’asi Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara, Kode Pos 22862.

Pada tanggal 13 Juli 2018 STTAM Nias Barat mendapatkan ijin secara resmi dari Ditjen Bimas Kristen Republik Indonesia. Ijin Institusi No. 251 Tahun 2018, Ijin Penyenggaraan Program Studi S1 Teologi Kependetaan No. 259 Tahun 2018 dan S1 Pendidikan Agama Kristen No. 258 Tahun 2018. Saat ini, STTAM Nias Barat untuk Program Studi Teologi dan Pendidikan Agama Kristen keduanya telah terakreditasi BAN-PT.

 

STTAM NIAS BARAT FOR GLORY JESUS.

Menjangkau yang Belum Percaya

Memuridkan yang Sudah Percaya

3 Comments

  • Anonymous
    Posted 2 November 2019 7:41 pm 0Likes

    Tuhan Yesus luar biasa.

  • Gohi
    Posted 10 March 2020 7:29 pm 0Likes

    Kemulian Bagi Tuhan

  • Pdt. Arozatulo Telaumbanua
    Posted 6 May 2021 6:20 am 0Likes

    Tuhan Yesus luar biasa dalam setiap tindakanNya.
    Puji Tuhan

Leave a Comment